Jumat, 30 Oktober 2015

Cara Atasi Puting Lecet Saat Menyusui

Cara Atasi Puting Lecet Saat Menyusui - Puting lecet biasanya terjadi pada ibu yang pertama kali menyusui anak pertama sebab kurangnya pengalaman bagaimana menyusui yang benar serts dikarenakan lidah bayi yang baru lahir biasanya kasar dan posisi menyusui dengan posisi yang salah. Bagaimana kah cara menyusui yang benar? Berikut caranya. 

Cara Atasi Puting Lecet Saat Menyusui


Puting yang lecet disebabkan menyusui bisa disebabkan karena posisi menyusui salah serta tidak sempurna psda perlekatan puting susu dengan mulut si bayi. Pengetahuan bagi ibu tentang cara bagaimana menyusui dengan benar sangat pentung guna cegah terjadinya hal tersebut.

Minum Fiforlif baik untuk kesehatan, dapatkan di fiforlifcare.com

Lecet yang terjadi diputing bisa sebabkan infeksi payudara sebab masuknya kuman dihidung dan mukuy bayi ke payudara lalui puting yang retak dan lecet. Jika terjadi perlukaan infeksi bisa timbuk gejala dari puting yang kemerahan serta bengkak akan terasa demam dan nyeri.

Guna cegah terjadi infeksi puting yang lecet, berikut langkahnya:

Usahakan untuk terbiasa jaga kebersihan didaerah puting payudara. Bersihkan bagian puting sebelum anda menyusui terlebih dahulu keluarkan asi danboleskan keareola sebelum payudara dikenyot bayi, jangan hentikan ASI bila terjadi puting yang lecet sebab tidak keluar ASI bisa memperparah dari peradangan. Bisa juga diberikan salep guna membantu sembuhkan puting lecet. 

Salep bisa diberikan ketika ibu menyusui dan jika ingin menyusui bersihkan salep terdahulu agar salep tidak tertelan bayi. Jangan biarkan dengan puting yang lecet anda berhenti untuk menyusui sebab dengan berhenti menyusui justru akan terjadi endapan asi yang akan sebabkan bendungan asi yang efekbya justru akan menjadikan ibu terasa sakit dan biasanya terjadi demam.

Hal yang bisa dilakukan apabila terjadi infeksi puting.

Jika telah terjadi infeksi puting yang lecet maka segera untuk kunjungi tenaga kesehatan atau dokter guna dapatkan pengobatan dan segera diberikan antibiotik yang aman bagi ibu menyusui.

Diatas adalah bagaimana cara mengatasi puting yang lecet semoga bermanfaat dan tetap jaga kebersihan puting susu anda agar tidak infeksi dan lecet. Usahakan sehabis menyusui air susu dikeluarkan sebagai pelumas agar puting tidak lagi lecet.